Faktor Penyebab Pembengkakan Hati

Faktor Penyebab Pembengkakan Hati

Faktor Penyebab Pembengkakan Hati – Penyakit  ini bisa menyerang pada siapa saja tanpa terduga, dan terdapat banyak hal yang menyebabkanya. Pembengkakan hati juga di namakan fatty liver di mana terdapat penumpukan lemak yang terdapat pada bagian  hati. Sebenarnya normal pada organ hati terdapat lemak, tetapi hal ini  menjadi tidak normal  dan harus di waspadai ketika ada lebih dari 5-10 persen  dari berat organ hati anda adalah lemak.

Fatty liver merupakan gejala awal  yang dapat menimbulkan masalah pada organ hati dan gangguan fungsi hati. Pembengkakan hati  yang di sebabkan oleh  adanya penimbunan lemak yang berlebihan  (fatty liver) dapat menyebabkan  hati tidak berfungsi.

Faktor Penyebab Pembengkakan Hati

Beberapa Penyebab Hati Membengkak Yang Perlu Di Ketahui

#1. Penyumbatan Saluran Empedu

Saluran empedu tersumbat merupakan salah satu penyebab  hati (liver) dapat membengkak. Hati akan  membuat cairan di dalam empedu  dan kemudian  menyimpanya dan apabila saluran jika saluran empedu itu tersumbat, hati akhirnya terhalang dari fungsinya dalam menyalurkan zat yang semestinya tersimpan dalam kantong empedu.

#2. Terlalu Banyak Kolesterol

Hati dalam salah satu fungsinya yaitu untuk mengubah kolesterol menjadi asam lemak. Jika jumlah kolesterol pada tubuh terlalu banyak, kerja liver pun akan lebih berat jadinya. Oleh sebab itu kolesterrol di hubungkan dengan membengkak nya organ hati (liver)

#3. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Sebaiknya anda jangan mengkonsumsi alkohol, karena  minuman ini tidak ada manfaat nya bagi tubuh. Mengkonsumsi minuman berlakohol akan merusak kesehatan, termasuk juga organ hati di mana kandungan etanol di minuman keras akan benar-benar mengganggu fungsi hati.

#4. Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih dapat mampu menaikan risiko banyak penyakit yang serius yang parah, seperti stroke, jantung maupun tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu kegemukan juga menjadi salah satu penyebab  hati membengkak karena saking banyaknya lemak yang menumpuk di bagian organ hati.

#5. Infeksi Virus Hepatitis

Umumnya penyebab pembengkakan hati  di sebabkan infeksi  virus hepatitis yang bahkan bisa membuat gagal dan rusaknya hati. Dengan begitu, hati tak akan mampu lagi melaksanakan fungsinya. Infeksi ini merupakan penyakit menular yang terdapat   beberapa tipe  dari penyakit hepatitis A sampai dengan E dengan gejala berbeda pada setiap tipenya, begitupun media penyebaranya.

#6. Keracunan

Liver (hati) merupakan  oragan yang memiliki peran untuk menawarkan racun pada tubuh. Akan tetapi, apabila  zat racun yang ada pada tubuh akhirnya tidak bisa di netralisir, maka zat racun akan menumpuk di liver. Apabila di biarkan, lama-kelamaan penumpukan zat racun semakin banyak dan hatilah yang akan terkena efek buruknya.

#7. Fibrosis Kistik

Pembengkakan hati tidak selalu di kaitkan dengan lemak yang menumpuk dan keracunan zat, hati yang bengkak pun bisa di karenakan fibrosis kistik. Kondisi fibrosis kistik dapat membuat hati bengkak dan mengganggu fungsi hati. Berbeda dari penyebab yang lainya faktor yang satu ini merupakan keturunan atau genetik yang sudah cukup umum. Kondisi ini bisa menyerang organ dengan tak pandang usia dan bisa terjadi pada siapa saja.

#8. Diabetes

Jika anda terkena diabetes, penyakit ini dapat menaikan risiko  menderita pembengkakan hati. Perlu di ketahui  hati juga  memilki peran untuk mengatur kadar gula dan juga menyimpan energi. Tetapi  pada penderita diabetes yang gula darahnya tinggi juga bisa memicu  pembengkakan hati yang malah membuat tugasnya kacau dan tak berfungsi seperti biasa

#10. Efek Samping Obat-Obatan Berbahan Kimia

Mengkonsumsi obat-obatan kimia  dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkamn hati bengkak. Adapun beberapa obat-obatan kimia yang harus di hindari untuk pemakaian jangka panjang yaitu  diantaranya  tetrasiklin, metotreksat, Karbon tetrakloprid, asam valporat, serta kortikostreoid. Jika obat-obatan tersebut di gunakan untuk dosis yang tinggi, akan menyebabkan hati  menjadi  rusak da kehilangan fungsinya.

 #11. Adanya penyakit penumpukan asam fitanik

Penyakit ini  memilki nama lain  yaitu penyakit refsum yaitu kondisi di mana tubuh terdapat asam fitanik yang tertimbun dan dapat memicu kerusakan saraf dan retina. Selain itu juga dapat  menyebabkan pembengkakan hati dan juga hati tidak dapat berfungsi dengan baik.

Mengingat fungsi  hati yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh, maka efeknya sangat fatal jika  penyakit ini di biarkan terus menerus tanpa pengobatan.

Ingin segera sembuh dari pembengkakan hati? ⇒ Klik : Obat Pembengkakan Hati Herbal Yang Terbukti Ampuh Dan Efektif

Itulah beberapa faktor penyebab pembengkakan hati, semoga informasi di atas  dapat bermanfaat. Kami ucapakan terima kasih bagi yang telah   berkunjung dan membaca artikel ini sampai habis.

Posted by: Faktor Penyebab Pembengkakan Hati

Leave a Reply