Mengetahui Pneumonia Pada Bayi Dan Pencegahanya

Mengetahui Pneumonia Pada Bayi Dan Pencegahanya

Salam sehat  bagi anda semua pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai pneumonia pada bayi dan pencegahanya. Penting bagi  orang tua yang mempunyai anak kecil  untuk mengetahui pneumonia pada bayi dan pencegahanya agar terhindar dari dampak buruk akibat pneumonia.

Mengetahui Pneumonia Pada Bayi Dan Pencegahanya

Pneumonia merupakan infeksi paru-paru yang memiliki dampak yang buruk bagi anak-anak dan bayi.  Karena mirip salesma (pilek) pneumonia pada bayi  sering di abaikan orang tua, padahal penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian anak-anak tertinggi di dunia.  Oleh karena itu sangat penting mengetahui pneumonia pada bayi dan pencegahanya.

Penyebab pneumonia pada bayi bisa di sebabkan oleh kuman, berupa bakteri, virus dan jamur. Umumnya pneumonia terjadi setelah saluran pernapasan bagaian atas yang mencakup hidung dan tenggorokan terinfeksi, berupa pilek  dan nyeri tenggorokan. Setelah dua atau hingga tiga hari, infeksi dapat  menjalar ke paru-paru. Sistem imun  yang lemah  atau belum terbentuk sempurna  seperti pada bayi tidak mampu membasmi infeksi awal yang ringan. Kondisi  ini akan menyebar ke  paru-paru dan menyebabkan pneumonia.

Bayi yang baru lahir  merupakan kelompok  yang rentan tertular pneumonia dari  ibunya melalui jalan lahirnya saat proses persalinan.  Adapun beberapa  kondisi  yang dapat meningkatkan risiko tinggi terkena pneumonia pada bayi yaitu  :

  • Terkena campak.
  • Orang tuanya perokok aktif.
  • Tertular virus HIV karena orang tuanya.
  • Bayi yang tinggal di permukiman dengan sanitasi yang buruk.

Kenali  Gejala  Pneumonia Pada Bayi

Berikut gejala pneumonia pada bayi  yang  harus kamu ketahui

→Salesma

Awalnya pneumonia di awali dengan gejala salesma  seperti demam yang di iringi batuk, pilek, kepala terasa pening, dan  tidak nafsu makan. Kondisi ini menyebabkan bayi kehilangan berat badanya dan juga dehidrasi.

→Sesak napas atau kesulitan bernapas   

Bayi yang menderita pneumonia  akan mengalami kesulitan bernafas. Jika bernafas  terlihat sangat berusah keras dan seperti terlihat cekung ke dalam , napasnya pun putus-putus dan terdengar sura mendenging.

→Napas Cepat

Ini merupakan gejala yang umum pada bayi yang terserang pneumonia.  Kecepatan napas berbeda setiap bayi. Bayi  dapat di katakan bernapas cepat apabila :

  • Napasnya lebih cepat dari 60 kali permenit  ( bayi 2 bulan)
  • Pada bayi 2-12 bulan napasnya lebih cepat dari 50 kali permenit.

→Perubahan warna pada bibir serta kuku jari menjadi kebiruaan.

Ini merupakan  tanda bayi anda memilki pneumonia pada tahap yang parah.  Kondisi bibir serta kuku jari pada bayi akan berubah menjadi kebiruan di karenakan bayi kekurangan oksigen.

 Pencegahan Pneumonia

Tentu anda sebagai orang tua  tidak ingin anak  anda terkena  pneumonia. Berikut  adalah beberapa hal yang bisa di lakukan untuk mencegah pneumonia pada bayi.

  • Memenuhi gizi yang cukup,  berikan ASI secara ekslusif  ke pada bayi selama 6 bulan. Hal ini peting untuk menguatkan daya tahan tubuh anak secara alami dalam melawan penyakit.  Cukupi kebutuhan nutrisi anak dengan memberikanya buah , sayuran, dan makanan bergizi lainya. Asupan gizi pada balita harus terpenuhi terutama viatamin A dan mineral seng zinc.
  • Imunisasi,  melakukan imunasi ke pada  anak merupakan cara paling efektif untuk mencegah pneumonia. Imunisasi yang di perlukan yaitu DPT (Untuk mencegah terhadap batuk rejan), vaksin campak, influenza, Hib, dan pneumokus (agar kebal dari  virus , bakteri dan jamur).
  • Gaya hidup yang sehat dan bersih, di mulai dari kebersihan diri dengan mencuci tangan sebelum makan,  setelah itu lingkungan dengan menjauhkan  anak dari asap rokok atau polusi udara, dan yang terakhir menjaga kebersihan rumah dan ventilasi udara yang baik.

Itulah informasi mengenai  pneumonia pada bayi dan pencegahanya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika anda atau anak anda terkena pneumonia, anda harus segera melakukan pengobatan  sebelum hal tidak di inginkan terjadi. Simak : Obat Tradisional Penyakit Pneumonia

Simak juga artikel terkait : Tanda-Tanda Penyakit Paru-Paru Basah (Pneumonia) Dan Pencegahanya

Kami ucapakan terima kasih pada anda yang telah bekunjung ke website kami dan membaca artikel ini sampai habis.

Posted by : Mengetahui Pneumonia Pada Bayi Dan Pencegahanya

 

Leave a Reply